pengertian dan perbedaan dari jaringan komputer PAN, LAN,MAN,dan WAN



pengertian dan perbedaan dari jaringan komputer PAN, LAN,MAN,dan WAN


1. PAN (personal area network)
A. Pengertian
Personal Area Network adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televise, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi public seperti internet.
 B. Cara Kerja
Dengan cara menghubungkan pada komputer local untuk sharing data / indomasi jarak lebih luas dibandingkan dengan LAN.
C. Contoh/Jenis-jenis
Contohnya Menguhubungkan HP dengan Komputer.
D. keuntungan dan kelebihan

Kelebihan PAN :

-       Control pada PAN dilakukan dengan autoritas pribadi
-       Hanya di gunakan untuk diri sendiri

Kekurangan PAN :

-       Jangkauan dari PAN hanya dalam beberapa meter saja

2. LAN (Local Area Network)
 A. Pengertian
LAN (Local Area Network), merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagi sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh organisasi tersebut.
 B. Cara Kerja
 Dengan cara menguhubungkan komputer local secara bersamaan untuk share data/informasi pada suatu ruangan ke ruangan lain.
 C. Contoh/Jenis-jenis
 Contohnya sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.
D. keuntungan dan kerugian

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

3. MAN (Metropolitan Area Network)
A. Pengertian


MAN (Metropolitan Area Network), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. 
  B. Cara Kerja
Dengan cara menghubungkan dengan lebih dari 1 gateway dengan jarak 10km + biasanya digunakan pada perkotaan / perkantoran.
C. Contoh/Jenis-jenis
Contohnya Jaringan MAN Di indonesia misalnya saja jaringan BANK dimana beberapa kantor cabang sebuah BANK didalam sebuah kota besar , dihubungkan antara satu dgn yang lainnya misalnya : BANK Mandiri,Wilayah Jabodetabek.
D. keuntungan dan kerugian
 
Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

4. WAN (Wide Area Network)


A. Pengertian
WAN (Wide Area Network ), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain. 
B. Cara Kerja
Jaringan ini mempunyai jarak yang sangat luas karena menggunakan banyak serve bisa diakses melalui negara ke negara lainnya didunia nama Lain WAN adalah Internet
C. Contoh dan Jenis-jenis
Contohnya adalah jaringan yanbg menghubungkan suatu wilayah atau suatu negara dengak negara lainnya.
D.keuntungan dan kerugian

Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.
* Internet

 Sebenarnya, konsep dari Jenis Jaringan Komputer sama, yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologis-nya (mencakup wilayah dan area jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, dan sistem keamanan (security) yang berbeda).

sumber:



Penulis : my style, my jobs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel pengertian dan perbedaan dari jaringan komputer PAN, LAN,MAN,dan WAN ini dipublish oleh my style, my jobs pada hari Senin, 23 November 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan pengertian dan perbedaan dari jaringan komputer PAN, LAN,MAN,dan WAN
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Entri Populer

Popular Posts

Popular Posts